Jumat, 30 Maret 2012

Tentang Sebuah Kekuasaan

Tahukah kawan, kenapa manusia yang diberi sebuah “amanah kepemimpinan” ?

Mengapa pula tidak ada pula makhluk lain yang ingin dan mampu mengembannya?? Bahkan gunung kokoh berdiri dengan sombongnya itu pun merekah pecah terbelah tak kuat menahan beratnya “amanah kepemimpinan” itu.

Hei, mulia benar manusia! Mereka dengan penuh kepercayaan dari Allah menerima beban untuk memikul amanah itu.

Ah, aku masih bertanya-tanya, “MENGAPA?”

TAPI ...

Memang banyak orang bisa mulia karena kepemimpinan ?

Mengapa banyak orang dihina karena kepemimpinan ?

Mengapa banyak orang menjadi rakus karenanya ?

Mengapa kalimat “inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun” disunahkan untuk dibaca dalam 2 waktu: saat tertimpa bencana, dan saat menerima amanah itu, “kepemimpinan”

Ya, karena “amanah kepemimpinan” itu dekat dengan “bencana”, bagi ia yang terbutakan olehnya.

Janganlah kamu meminta suatu jabatan karena sesungguhnya bila kamu diberi suatu jabatan tanpa memintanya, maka kamu akan mendapat pertolongan dalam menjabat jabatan itu, tetapi kalau kamu diberi suatu jabatan karena meminta, maka sesungguhnya kamu teah diserahkan sepenuhnya kepada jabatan itu (Shahih Bukhari No. 7146 dan Shahih Muslim No. 1652)

”Sesungguhnya kalian nanti akan sangat berambisi untuk dapat memegang suatu jabatan, tetapi nanti pada hari kiamat jabatan itu merupakan suatu penyesalan” (Shahih Bukhari No.7148)

Dari Abu Musa Al Asy’ary ra. berkata : “Saya bersama dua orang saudara sepupu datang kepada Nabi S.A.W., kemudian salah seorang di antara keduanya itu berkata : “Wahai Rasulullah, berilah kami suatu jabatan pada sebahagian apa yang telah Allah ‘azza wajalla kuasakan terhadap tuan”. Dan yang lain juga berkata seperti itu. Kemudian beliau bersabda :”Demi Allah, aku tidak akan mengangkat seorang dalam suatu jabatan yang mana ia memintanya, atau seseorang yang sangat ambisi pada jabatan itu”. (Shahih Bukhari No.7149 dan Shahih Muslim No.1733)

Ya, meminta sebuah kekuasaan memang harus dihindari. Namun sikap kontributif dan selalu ingin bermanfaat bagi orang lain tetap harus ada dalam diri kita masing-masing.

"Manfaat apakah yang telah anda lakukan hari ini...??"

IKRARKAN BERSAMA IPM BERJAYA....!!! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar